JENIS-JENIS PENILAIAN DALAM EVALUASI PENDIDIKAN
1. Penilaian formatif
Yaitu penilaian untuk mengetahui
hasil belajar yang dicapai oleh para peserta didik setelah menyelesaikan
program dalam satuan materi pokok suatu bidang study tertentu
a. Fungsi
Untuk
memperbaiki proses pembelajaran kearah yang lebih baik dan efisien atau
memperbaiki satuan atau rencana pebelajaran.
b. Tujuan
Untuk
mengetahui hingga dimana penguasaan peserta didik tentang materiyang diajarkan
dalam satu rencana atau satuan pelajaran.c.
c. Aspek-aspek yang dinilai
Aspek-aspek
yang dinilai pada penailain formatif adalah : hasil kemajuan belajar siswa
yang ,meliputi : pengetahuan, keterampilan, sikap terhadap materi ajaragama
yang di sajikan.
2. Penilaian sumatif
Yaitu penilaian yang dilakukan
terhadap hasil belajar peserta didik yang telah selesaimengikuti
pembelajaran dalam satu semester atau akhir tahun.a.
Fungsi
Untuk mengetahui angka atau nilai murid setelah
mengikuti program belajardalam satu semster.
Tujuan
Untuk
mengetahui taraf hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik setelahmelakukan
program pembeljaran dalam satu semester, akhirtauhn atau akhir program
pembelajaran pada suatu unit pendidikan tertentu.
Aspek-aspek
yang dinilai
Aspek-aspek
yang dinali ialah kemajuan jhasil belajar meliputi : pengetahuan,keterampilan,
sikap dan penguasaan murid tentang materi pembelajaran yangdiberikan.
Waktu
pelaksanaan
Penilain ini
dilaksanakan sebelum peserta didik mengikuti proses pembelajaran permulaan
atau peserta didik tersebut baru akan mengikuti pendidikandisuatu tingkat
tertentu.
3. Penilain penempatan (placement)
Peserta didik untuk kepentingan
penempatan di dalam situasi belajar yang sesuai dengan kondisi peserta didik.
Fungsi
Untuk
mengetahui keadaan peserta didik sepintas lalu termasuk keadaanseluruh
pribadinya., peserta didik tersebut ditempatkan pada posisinya. Umapamanya peserta
didia berbadan kecil jangan di tempatkan di belakang, tapi sebaiknya di depanagar
tidak mengalami kesulitan dalam PBM.
Tujuan
Untuk
menempatkan peserta didik pada temapatnya yang sebenar-benarnya, berdasarkan
bakat, minat, kemampuan, kesanggupan, serta keadaan diri peserta didiksehingga
peserta didik tidak mengalami hambatan dalam mengikuti pelajaran atausetap
program bahan yang disajikan guru.
Aspek-aspek
yang dinilai
Aspek-aspek
yang dinilai meliputi keadaan fisik dan psikologi, bakat,kemampuan,
pengetahuan, pegalaman keterampilan, sikap, dan aspek-aspek lain yangdianggap
perlu bagi kepentingan pendidikan peserta didik selanjutnya. Kemungkinan penilaian
ini dapat juga dilakukan setelah peserta didik mengikuti pelajran selamasatu
semester, satu tahun sesuai dengan maksud lembaga penidikan yang
bersangkutan.
Waktu
pelaksanaan
Penilaian ini
sebaiknya dilaksanakan sebelum peserta didik menduduki kelastertentu sewaktu
penerimaan murid baru atau setelah naik kelas.
4. Penilaian Diagnostik
Yaitu penilain yang dilakukan
terhadap hasil penganalisisan tentang keadaan belajar peserta didik baik
merupakan kesulitan atau hambatan yang ditemui dalam proses belajar.
Fungsi
Untuk
mengetahui masalah-masalah yang diderita atau mengganggu pesertadidik, sehingga
peserta didik mengalami kesulitan, hambatan, atau gangguan ketikamengikuti
program pembelajaran dalam suatu bidang study. Kesulitan peserta didiktersebut
diusahakan pemecahannya. b.
Tujuan
Untuk membantu
kesulitan atau mengatasi hambatan yang dialami peserta didikwaktu mengikuti
kegiatan pembelajaran pada suatu bidang study atau keseluruhan program
pembelajaran.c.
Aspek-aspek
yang dinilai
Aspek-aspek
yang dinilai, termasuk hasil belajar yang diperoleh murid, latar belakang
kehidupannya, serta semua aspek yang berkaitan dengan kegiattan pembelajaran.d.
Waktu
pelaksanaan
Pelaksanaan
tes diagnostik ini, sesuai dengan keperluan pembinaan dari suatulembaga
pendidikan, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan para pesertadidiknya.
Referensi
Anas nasution, Pengantar
Evalusi Pendidikan, (PT. Grafindo Persada, Jakarta,2005). Ramayulis,
Ilmu Pendidikan Islam, (Kalam
Mulia : Jakarta, 2002).M. Chabib Thoha, Teknik-teknik Evaluasi Pendidikan (PT.
Raja Grafindo : Jakarta,1990).