JENIS-JENIS PENILAIAN DALAM EVALUASI PENDIDIKAN


1. Penilaian formatif
Yaitu penilaian untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai oleh para peserta didik setelah menyelesaikan program dalam satuan materi pokok suatu bidang study tertentu

a. Fungsi
Untuk memperbaiki proses pembelajaran kearah yang lebih baik dan efisien atau memperbaiki satuan atau rencana pebelajaran. 

b. Tujuan
Untuk mengetahui hingga dimana penguasaan peserta didik tentang materiyang diajarkan dalam satu rencana atau satuan pelajaran.c.

c. Aspek-aspek yang dinilai
Aspek-aspek yang dinilai pada penailain formatif adalah : hasil kemajuan belajar siswa yang ,meliputi : pengetahuan, keterampilan, sikap terhadap materi ajaragama yang di sajikan.

2. Penilaian sumatif 
Yaitu penilaian yang dilakukan terhadap hasil belajar peserta didik yang telah selesaimengikuti pembelajaran dalam satu semester atau akhir tahun.a.

Fungsi
Untuk mengetahui angka atau nilai murid setelah mengikuti program belajardalam satu semster. 

Tujuan
Untuk mengetahui taraf hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik setelahmelakukan program pembeljaran dalam satu semester, akhirtauhn atau akhir program pembelajaran pada suatu unit pendidikan tertentu.

Aspek-aspek yang dinilai
Aspek-aspek yang dinali ialah kemajuan jhasil belajar meliputi : pengetahuan,keterampilan, sikap dan penguasaan murid tentang materi pembelajaran yangdiberikan.

Waktu pelaksanaan
Penilain ini dilaksanakan sebelum peserta didik mengikuti proses pembelajaran permulaan atau peserta didik tersebut baru akan mengikuti pendidikandisuatu tingkat tertentu.

3. Penilain penempatan (placement)
Peserta didik untuk kepentingan penempatan di dalam situasi belajar yang sesuai dengan kondisi peserta didik.

Fungsi
Untuk mengetahui keadaan peserta didik sepintas lalu termasuk keadaanseluruh pribadinya., peserta didik tersebut ditempatkan pada posisinya. Umapamanya peserta didia berbadan kecil jangan di tempatkan di belakang, tapi sebaiknya di depanagar tidak mengalami kesulitan dalam PBM.

Tujuan
Untuk menempatkan peserta didik pada temapatnya yang sebenar-benarnya, berdasarkan bakat, minat, kemampuan, kesanggupan, serta keadaan diri peserta didiksehingga peserta didik tidak mengalami hambatan dalam mengikuti pelajaran atausetap program bahan yang disajikan guru.

Aspek-aspek yang dinilai
Aspek-aspek yang dinilai meliputi keadaan fisik dan psikologi, bakat,kemampuan, pengetahuan, pegalaman keterampilan, sikap, dan aspek-aspek lain yangdianggap perlu bagi kepentingan pendidikan peserta didik selanjutnya. Kemungkinan penilaian ini dapat juga dilakukan setelah peserta didik mengikuti pelajran selamasatu semester, satu tahun sesuai dengan maksud lembaga penidikan yang bersangkutan.

Waktu pelaksanaan
Penilaian ini sebaiknya dilaksanakan sebelum peserta didik menduduki kelastertentu sewaktu penerimaan murid baru atau setelah naik kelas.


4. Penilaian Diagnostik 
Yaitu penilain yang dilakukan terhadap hasil penganalisisan tentang keadaan belajar peserta didik baik merupakan kesulitan atau hambatan yang ditemui dalam proses belajar.

Fungsi
Untuk mengetahui masalah-masalah yang diderita atau mengganggu pesertadidik, sehingga peserta didik mengalami kesulitan, hambatan, atau gangguan ketikamengikuti program pembelajaran dalam suatu bidang study. Kesulitan peserta didiktersebut diusahakan pemecahannya. b.

Tujuan
Untuk membantu kesulitan atau mengatasi hambatan yang dialami peserta didikwaktu mengikuti kegiatan pembelajaran pada suatu bidang study atau keseluruhan program pembelajaran.c.

Aspek-aspek yang dinilai
Aspek-aspek yang dinilai, termasuk hasil belajar yang diperoleh murid, latar belakang kehidupannya, serta semua aspek yang berkaitan dengan kegiattan pembelajaran.d.

Waktu pelaksanaan
Pelaksanaan tes diagnostik ini, sesuai dengan keperluan pembinaan dari suatulembaga pendidikan, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan para pesertadidiknya.


Referensi
Anas nasution, Pengantar Evalusi Pendidikan, (PT. Grafindo Persada, Jakarta,2005). Ramayulis,
Ilmu Pendidikan Islam, (Kalam Mulia : Jakarta, 2002).M. Chabib Thoha, Teknik-teknik Evaluasi Pendidikan (PT. Raja Grafindo : Jakarta,1990).


Popular posts from this blog

SEJARAH PEMIKIRAN ISMAIL RAJI AL-FARUQI

ULUMUL QUR’AN DAN FAEDAHNYA DALAM MENAFSIRKAN AL-QUR’AN